Tip

Parcel Anda Terkena Biaya Volum? Ikuti Langkah Berikut Ini

Tahukah Anda jika perhitungan biaya kirim parcel menyesuaikan dari berat atau dimensi barang? Atau justru malah berpikiran hanya dari berat aktual saja? Untuk lebih jelasnya, baca sebentar ulasan di bawah ini.

Dalam sistem pengiriman barang ke luar negeri, setiap jasa layanan ekspedisi akan mengukur dan menimbang ulang setiap paket yang datang. Tujuannya yakni agar barang tidak tertahan di pihak bea cukai. Jika barang Anda tertahan hanya karena salah ukur dan timbang, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Di sisi lain, teknis pembayaran yang dilakukan berdasarkan hasil dari dominan berat aktual atau berat dimensi. Apa sis berat aktual dan dimensi?

Berat aktual adalah berat asli barang sedangkan berat dimensi merupakan hasil perkalian dari Panjang (P) xLebar (L) x Tinggi (T) cm, kemudian dibagi 5.000. Apabila jumlah kg berat aktual lebih besar dari pada jumlah kg volum, maka berat aktual lah yang menjadi acuannya. Singkatnya, berat aktual yang menjadi tumpuan untuk memunculkan berapa jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Semakin besar berat aktual atau berat dimensi, semakin besar pula biaya yang harus dibayar.

Untuk lebih memahami tentang cara pengukuran, baca artikel berikut ini:

http://blog.expedito.co.id/cara-menghitung-ongkir-dan-dimensi-barang/

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya agar ongkos kirim tetap murah? Nah, di bawah ini ada tips untuk meminimalisir ukuran paket:

Bungkus paketan rapat dan padat

Ketika mengirim sebuah paket ke luar negeri, Anda harus membungkusnya dengan rapat dan jangan meninggalkan celah sedikitpun. Kenapa? Paket Anda akan diukur ulang di bandara melalui inframerah dan jika bubble wrap atau pembungkus ada yang lepas atau rusak, ini akan berdampak pada perubahan ukuran. Bisa jadi Anda akan terkena biaya tambahan.

Banyaknya Jumlah Parcel

Bagaimana jika isi kirimannya banyak? Jangan memecahnya menjadi beberapa bagian, namun jadikan satu paket. Langkah ini akan menjadi lebih efisien karena akan mendapatkan harga yang tidak tinggi.

Kemasan Vakum

Kemasan vakum juga akan membantu mengurangi jumlah berat volum dari parcel Anda. Dan biasanya, cara ini berlaku untuk isi kiriman seperti baju, makanan ringan, seperai, selimut ataupun barang-barang yang mudah ditekuk dan tdak mudah pecah.

zipper bag

Jangan Lapisi Parcel Terlalu banyak

Melapisi paket secara berlebihan dapat menimbulkan biaya yang mahal karena akan menambah ukuran barang. Maka, gunakan lapisan parcel secukupnya dengan tujuan paket Anda aman untuk dikirim.

Gunakan Ukuran Kardus yang Benar

Jika ukuran kardus terlalu besar, tidak hanya menghabskan biaya, tapi juga akan menibulkan resiko kerusakan barang. Kardus yang terlalu besar dan menyisakan ruang atau space yang luas akan rusak karena tertekan dengan paket lain. Ingat, parcel Anda bukanlah satu-satunya parcel yang berada di dalam kabin pesawat. Maka, lakukanlah pengepakkan secara benar sesuai dengan ukuran isi kiriman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *