Tip

Mungkinkah Kirim Paket ke Polandia?

Kirim paket ke Polandia? Bisa tidak ya?

Jangan khawatir, Expedito memiliki layanan kiriman ke luar negeri termasuk ke Polandia. Namun, sebelum barang Anda dikirim, perhatikan beberapa peraturan di bawah ini untuk keamanan dan kenyamanan pengiriman paket Anda.

Apa yang harus di perhatikan jika mengirim ke Polandia?

Sepatu: jika Anda ingin mengirim sepatu, diharuskan untuk memberikan informasi secara rinci. Sebagai contoh, terbuat dari apa sepatu tersebut, jenis sepatu apa yang akan dikirim dan siapa yang akan memakainya apakah untuk anak-anak, wanita atau pria.

Kacamata: kacamata dilarang di kirim ke negara Polandia kecuali kacamata tersebut memiliki tanda CE Eropa.
Apa itu CE Eropa? CE Eropa adalah lembaga standarisasi yang dibuat oleh negara Uni Eropa jika ingin menjual sebuah produk atau barang di semua negara bagian Eropa. Hal ini berlaku juga untuk pengiriman alat-alat teknologi dan beragam mainan. Jika barang-barang ini ingin sampai di Polandia, pastikan barang tersebut telah terdaftar dan memiliki stempel CE Eropa. Jika tidak, dampaknya adalah barang tersebut akan dikembalikan ke si pengirim dan terkena denda ataupun biaya pengiriman balik.

Obat-obatan: untuk pengiriman obat, Polandia memberikan batasan dengan jumlah yang kecil. Mengapa? Karena semua obat yang dikirimkan ke negara ini harus melalui resep dokter. Konsultasikan kepada tim kami sebelum melakukan pengiriman obat dengan resep dokter.

Sedangkan barang-barang yang memang dilarang keras untuk dikirim adalah seperti alkohol atau barang yang mudah terbakar, daging, binatang hidup, barang yang mudah rusak dan produk susu.

Mungkinkah mengirim makanan?

Makanan dan minuman termasuk ke dalam kategori barang yang mudah rusak menurut aturan Polandia. Namun, jika tetap ingin mengirimnya ke sana, Anda harus mengikuti persyaratan yang berlaku. Pertama, tidak boleh mengubah packaging makanan dari pabrik aslinya. Kedua, makanan tersebut harus tersegel dengan baik. Ketiga, bahan makanan haruslah tertulis dalam kotak atau packaging. Persyaratan terakhir yakni makanan haruslah memiliki masa simpan hingga enam bulan.

Produk makanan yang hendak di kirim harus merupakan paket makanan buatan pabrik (memiliki merk terdaftar dan Izin BPOM) dan bukan makanan buatan rumah (homemade).
Alasannya adalah makanan rumah, baik berupa makanan ringan atau berat, tidak memiliki standar kesehatan yang jelas, packaging yang tepat, dan juga tidak mengandung bahan pengawet sehingga dikhawatirkan terjadi pembusukan dalam kabin pesawat saat transit di bandara.

Berapa Biaya Pajaknya?

Setiap negara memiliki aturan pajak yang berbeda-beda. Mengerti peraturan batas threshold atau nilai bea masuk negara yang ingin dikirim pun menjadi sebuah kewajiban. Apabila asal kirim saja, kendalanya adalah kemungkinan untuk terkena denda dan barang akan ditahan. Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Selain itu, jika Anda berada di luar negara EU, Anda harus memberitahukan isi detail barang serta nilai dan jumlah masing-masing barang kiriman. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi penundaan pengiriman dan penambahan tagihan bayaran. Sedangkan untuk batas nilai pajak, selama tidak melebihi 22 Euro, maka Anda terbebas dari pajak dan bea masuk.

Semoga artikel di atas memberikan informasi baru kepada Anda sehingga tidak ada lagi keraguan dan kebingungan bila ingin mengirimkan paket atau parcel ke Polandia. Dan jangan lupa pula, perhatikan jasa ekspedisi luar negeri yang legal serta terpercaya. Expedito akan membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *