Tip

Apa saja Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Barang?

Dalam pengiriman barang ke luar negri, tentu sekilas pernah mendengar istilah biaya tambahan pengiriman. Atau ada yang belum pernah mendengar sama sekali mengenai hal ini? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan biaya tambahan itu? Dan untuk apa pengirim barang dikenakan biaya tambahan?

Biaya dalam pengiriman barang secara garis besar terdapat 2 biaya yang mungkin sering timbul dalam proses pengiriman barang, yaitu biaya pengiriman barang itu sendiri dan biaya tambahan pengiriman barang.

Biaya pengiriman barang, adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengirim barang sesuai dengan kota atau negara tujuan dan berdasarkan berat atau volume dari barang yang akan dikirim.

Sedangkan biaya tambahan pengiriman barang, adalah biaya lain yang harus dikeluarkan oleh pengirim barang selain berdasarkan kota atau negara tujuan, berdasarkan berat atau volume dari barang yang akan dikirim.

Biaya apa aja sih yang termasuk dalam biaya tambahan pengiriman barang?

Ada beberapa biaya tambahan yang termasuk dalam biaya tambahan pengiriman barang, diantaranya : biaya remote area, biaya surcharge kelebihan muatan, dan biaya fumigasi.

Biaya remote area adalah biaya yang timbul karena jangkauan wilayah hantaran pengiriman di kota atau negara tujuan. Biaya remote area ini berlaku untuk tujuan pengiriman ke luar negri. Besarnya biaya tersebut dapat bervariasi untuk setiap tujuan pengiriman.

Dalam biaya pengiriman biasanya yang menjadi kota tujuan adalah kota-kota besar, untuk pengiriman ke kota kecil atau kota di area pelosok akan dikenakan biaya terusan, biaya terusan inilah yang dinamakan biaya diluar jangkauan pengiriman. Maksud dari diluar jangkauan adalah pelayanan yang diberikan oleh jasa pengiriman hanya sampai di wilayah tertentu saja, melebihi wilayah tersebut perusahaan jasa pengiriman bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman lokal di wilayah tersebut untuk meneruskan hantarannya hingga ke alamat yang dituju, atau dengan kata lain menggunakan jasa pihak ke tiga. Maka jangan terkejut jika terdapat biaya tambahan untuk remote area yang cukup mahal.

Untuk itu sebelum pengiriman dokumen atau barang dilakukan, ada baiknya dipastikan terlebih dulu apakah alamat tujuan termasuk dalam wilayah remote area atau tidak, jika termasuk dalam wilayah tersebut siap-siap saja dengan biaya tersebut. Hal itu bisa dengan melakukan pengecekan kode pos di situs web courier yang akan di gunakan.

Remote Area / Wilayah Pelosok yang susah di jangkau.

Biaya surcharge oversize adalah biaya yang timbul karena kelebihan muatan dalam 1 box/peti/palet/kemasan. Biaya ini berlaku untuk tujuan pengiriman luar negri. Besarnya biaya tersebut dapat bervariasi tergantung berat kiriman dalam 1 box/peti/palet/kemasan.

Paket yang memiliki ukuran di salah satu sisinya lebih dari 120 cm, akan dikenakan biaya tambahan oleh kurir. Dan batasan maksimum untuk pengiriman paket via udara adalah 240 cm (satu sisi).

Biaya fumigasi adalah biaya yang timbul jika kemasan atau packing luar berasal dari kayu. Biaya fumigasi ini biasanya dikenakan untuk pengiriman ke luar negri, jenis pengirimannya cargo baik melalui udara maupun laut. Mengapa jika packing luar berasal dari kayu dikenakan biaya fumigasi? Fumigasi adalah proses untuk mematikan hama yang ada di unsur kayu dengan melakukan penyemprotan pada packing luar tersebut. Hal ini sudah merupakan ketentuan dari salah satu prosedur export barang. Besarnya biaya fumigasi sangat bervariasi tergantung banyaknya dan besarnya packing.

Proses fumigasi (sumber : fumigasi.co.id)

Nah, setelah membaca informasi ini, Anda jangan terkejut ya kalau dalam pengiriman barang dikenakan biaya tambahan pengiriman barang. Anda bisa menanyakan atau konsultasi terlebih dahulu ke Tim Expedito tentang biaya tambahan. Kami pasti akan menjelaskan kenapa barang ini dikenakan biaya tambahan pengiriman barang.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *