Berita

Bagaimana Jika Kurir Tidak Dapat Menemukan Alamat Pengiriman?

Dalam sebuah pengiriman khususnya ke luar negeri terkadang Anda akan beberapa kali menemukan masalah terkait alamat pengiriman paket, salah satunya adalah kurir yang tidak dapat menemukan alamat pengiriman, beberapa alamat sulit ditemukan karena alamat rumah yang tidak lengkap atau kurang jelas, nomor rumah yang salah atau tidak mungkin dijangkau yang bisa juga disebabkan karena penerima paket tinggal di daerah terpencil (remote area).

Jangan khawatir, kurir yang bekerjasama dengan Expedito akan melakukan usaha yang terbaik untuk memastikan bahwa penerima mendapatkan paketnya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi pengiriman paket Anda aman.

Return to sender post stamp on white envelope, top view

Hubungi penerima

Dalam hal ini, jika mereka tidak dapat menemukan alamat penerima, kurir akan mencoba menghubungi penerima sesuai dengan nomer telepon yang sudah Anda berikan pada saat melakukan bookingan Expedito. Setelah itu penerima akan dapat menjelaskan rute alamatnya kepada kurir, atau menjelaskan lokasinya. Namun, jika mereka tidak dapat menghubungi penerima, mereka dapat melanjutkan rute mereka sambil terus berusaha menghubungi. Dan jika mereka tidak dapat menghubungi penerima sama sekali sebelum meninggalkan daerah tersebut, pengiriman Anda mungkin ditunda.

Atau, mereka dapat memilih untuk menghubungi Anda sebagai pengirim paket jika mereka tidak dapat melakukan kontak dengan penerima. Jika demikian, pengirim akan diminta untuk mengkonfirmasi alamat pengiriman dan, jika mungkin, mengklarifikasi instruksi khusus.

Maka pastikan nomer telepon Anda/penerima sudah benar ya!

Komunikasikan kendala pengiriman ke depot / agen kurir terdekat

Seandainya kiriman Anda tidak sampai, dan kurir menginformasikan bahwa no telpon ataupun alamat penerima tidak jelas, ada baiknya menginformasikan ke penerima barang (baik via email / social media) agar bisa menghubungi balik ke agen kurir terdekat, dengan memberikan nomer referensi / awb pengiriman.

Meskipun demikian, biasanya staf depot / agen kurir akan berusaha menghubungi penerima paket untuk memastikan bahwa alamat pada paket tersebut benar sebelum pengantaran kembali. Jika mereka dapat melakukannya, kurir akan kembali dengan instruksi lebih lanjut dan melakukan pengiriman. Jika mereka tidak dapat mencapai pengirim atau penerima paket, maka paket akan dikembalikan ke depot sampai instruksi lebih lanjut.

Koreksi alamat pengiriman dan konfirmasikan kembali

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, kurir memiliki opsi untuk menghubungi Anda secara langsung atau melalui staf depot terkait dengan pengiriman yang bermasalah, jika upaya itu gagal maka paket akan dikembalikan ke depot untuk menunggu instruksi lebih lanjut. Setelah Anda melakukan kontak dengan operator, pengiriman Anda akan dijadwal ulang, atau alamat pengiriman harus diperbaiki.

Jika alamat pada paket perlu diubah, mungkin ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, karena akan ada transportasi tambahan yang diperlukan untuk mengirim ke alamat baru itu. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa semua informasi pengiriman sudah benar ketika membuat bookingan pengiriman Anda.

Nah itulah beberapa yang akan dilakukan kurir jika tidak dapat menemukan alamat pengiriman. Pastikan Anda mencantumkan alamat pengiriman dengan benar dan lengkap ya agar tidak terjadi kesalahan atau kendala dalam pengiriman.

Anda juga bisa melihat di artikel blog Expedito sebelumnya untuk mengetahui bagaimana cara menuliskan alamat yang benar. (http://blog.expedito.co.id/begini-cara-penulisan-alamat-pengiriman-yang-benar/)

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *