Tip

10 Produk Lokal yang Sering Diekspor! (Part 2)

Masih melanjutkan produk yang sering dikirim ke luar negeri. ini dia lima jenis barang yang juga bisa menjadi pilihan untuk dijadikan bisnis. Yuk, disimak!

6. Dokumen

Meskipun jarang terdengar bahwa dokumen juga menjadi barang yang sering dikirim ke luar negeri,  namun sebenarnya dokumen juga sering dikirim ke luar negeri. Misalnya saja jika ingin mendaftar beasiswa luar negeri dan pihak universitas memerintahkan calon mahasiswanya untuk mengirimkan dokumen yang berkaitan dengan urusan sekolahnya. Jenis dokumen lain yang bisa diekspor adalah buku, photo card, post card, ATM, atau kertas yang berjilid. Namun ada juga jenis dokumen yang tidak boleh dikirim, seperti cek uang atau barang-barang sejenidnya yeng memiliki nilai privasi.

Pengiriman dokumen ini bisa dikirim ke setiap negara asalkan sesuai dengan peraturannya karena setiap negara memiliki aturan yang berbeda. Dan juga pastikan lembaga atau jasa pengiriman internasionalnya memiliki lisensi legal dan terpercaya, karena tidak semua jasa pengiriman dapat dipercaya. Hal lain yang juga harus menjadi pertimbangan adalah perbandingkan harga dari masing-masing kurir yang ingin dipakai.

7. Makanan

Makanan juga merupakan jenis barang yang banyak sekali dikirim ke luar negeri. Pengirimannya tidak semudah mengirim dokumen ataupun baju. Pengiriman makanan ini cukup banyak aturannya karena jika ada makanan yang membahayakan bagi awak kabin, yang terjadi bisa saja kecelakaan. Misalnya, makanan yang sifatnya liquid (cair) tidak bisa /susah dikirim ke luar negeri karena memiliki resiko tinggi; bisa jadi cairan yang berasal dari makanan akan menimbulkan korosi pesawat. Nah, jenis makanan lain yang bisa dikirim adalah bubuk, makanan kering, makanan yang tidak menyebabkan bau di dalam pesawat, semuanya masih diterima.
akan tetapi jika memang mau mengirimkan cairan tertentu untuk tujuan bisnis, bisa dengan cara melampirkan MSDS (Material Safety Datasheet), dan pihak kurir akan melakukan accessment, jika memang bisa di kirim, maka bisa di lakukan dengan special service ataupun service express.

8. Produk Rotan

Jika Anda memiliki usaha rotan, maka jangan khawatir produk Anda tidak bisa dikirim ke luar negeri. Asalkan yang dikirim itu berupa produk siap pakai yang terbuat dari rotan, seperti tas rotan, aksesoris rumah dari rotan, keranjang rotan atau jenis produk rotan lainnya, semuanya masih bisa dilakukan pengiriman ke luar negeri. Mengingat banyaknya potensi UMKM yang mengolah produk ini dan memiliki keunikan tersendiri, akhirnya pemerintah memperbolehkan untuk menjadi komoditi ekspor.

Nah, dalam hal pengiriman produk ini agak sedikit berbeda dengan yang lainnya. Jika ingin meminimalisir harga, maka jangan kirim barang dengan volume lebih dari 60 kg. Karena, jika mengirim dengan volum atau berat lebih dari 60 kg, akan terkena biaya lebih. Selain itu, barang yang melebih volum yang telah disebutkan, juga diharuskan menggunakan pallet kayu, yang mana bukannya mengurangi jumlah biaya pengiriman, justru menambah biaya pengiriman. Cara mengatasi produk yang beratnya lebih dari 60 kg adalah dengan membagi jumlah berat produk ke dalam beberapa box yang tentunya beratnya di bawah 60 kg.

9. Bantal Duduk

Bagaimana jika ingin mengirim ornamen hias rumah, seperti bantal duduk, apakah juga bisa diekspor? Jawabnnya pasti bisa. Kenapa? Mari kita lihat peluang ini. Karyawan di perusahaan perkotaan saat ini sepertinya ingin membuat suasana kantor menjadi lebih nyaman. Contohnya, mereka-karyawan-tentunya sudah jenuh duduk berlama-lama di kursi dan ingin mendapatkan kenyamanan setelah mengerjakan pekerjaan yang tidak ada hentinya. Hal ini bisa dijadikan kesempatan bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Kebutuhan terhadap bantal duduk semakin diminati karena fungsinya bukan hanya untuk melapisi kursi saja, tapi juga digunakan untuk alas duduk lesehan di lantai ataupun menjadi hiasan rumah. Sedangkan untuk jenisnya sendiri, Anda bisa melakukan modifikasi bantal duduk menjadi bean bag (kantong besar) yang berisi styrofoamkemudian dtambahkan dengan lukisan wajah pembeli atau gambar unik lainnya. Untuk keuntungannya sendiri, Anda bisa mendapat omzet Rp. 50 Juta per bulannya. Untk negara pemasarannya, Anda bisa mengirimnya ke negara Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Australia, Swiss, maupun Jepang. Menarik bukan?

9. Spare Part Motor atau Mobil (tanpa baterai dan cairan)

Bagi Anda yang memiliki hobi otomotif, bidang ini patut dicoba. Pasalnya, kualitas suku cadang Indonesia yang sudah diakui dunia menjadi salah satu faktor peluang bisnis yang bisa ditekuni. Tak hanya itu, cukup banyak kalangan muda hingga tua yang menyukai otomotif juga menjadi kesempatan untuk merealisasikannya.

Malaysia adalah negara yang cukup sering mengimpor suku cadang dari Indonesia. Karena negara ini masih membutuhkan dukungan komponen mesin motor atau mobil yang dari Indonesia. Di sisi lain, jika perkembangan bisnis ini sudah merambah pasar dunia, penghasilan yang bisa didapat mencapai US$ 1,9 miliar. Sangat menggiurkan memang jika melihat penghasilannya. Namun jika Anda berniat menekuni bisnis ini, hal yang perlu dipegang adalah niat, usaha yang teguh serta jeli melihat peluang yang ada di depan.

Anda bisa memilih usaha mana saja di antara ke-10 lini bisnis ini. Akan tetapi, usaha ekspor tidak akan berhasil tanpa adanya jasa pengiriman internasional yang tentunya aman, cepat dan efisien dalam harga. Kemana lagi kalau bukan di www.expedito.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *