Tip

Western Union – Jasa Transfer Uang Luar Negeri yang Sering Digunakan pelaku Ekspor

Mengirimkan barang apapun ke berbagai dunia, terlebih antar negara, tentunya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun, sebelum sebuah barang atau paket yang berisi produk Anda dikirim, pastilah ada transaksi pembayaran antara si pembeli dan penjual. Nah, jika sang pembeli berasal dari luar negeri, tidak mungkin konsumen Anda harus mengirimkannya melalui rekening yang sama, bukan? Di sinilah seorang pelaku industri harus mempunyai layanan transfer uang antar negara.

Lantas, apa layanan transfer uang luar negeri yang biasa digunakan? Anda bisa menggunakan Western Union sebagai pilihannya. Banyaknya tawaran dari berbagai bank untuk jasa pengiriman uang ke luar negeri, jangan sampai membingungkan Anda. Selain terkenal dan memiliki banyak cabang di berbagai negara, Western Union juga memiliki beberapa keuntungan yang bisa didapat. Karena sistem ini berbasis data digital, maka secara otomatis uang yang dikirim pun akan secara langsung diterima dalam jangka waktu beberapa menit.

Kemudian, apa lagi keuntungan jika menggunakan layanan ini bagi para pelaku industri kecil dan menengah seperti di Indonesia? Selain pengiriman yang instant, mudah dan cepat, jangkauan jasa pengiriman keuangan ini pun cukup luas. Pasalnya, Anda bisa mengirim ke lebih dari 52 negara yang dituju.

  1. Tarif Pengiriman Murah

Hal utama yang pasti dipertanyakan adalah tarif pengiriman. Berapa biaya pengiriman untuk satu kali transaksi? Cost atau tarif potongan yang biasa ditanggung bagi si pengirim juga menjadi faktor utama yang pasti terpikirkan. Bagi pelaku industri kecil dan menengah tak perlu khawatir, karena biaya administrasi yang ditanggung tidaklah besar. Berikut terdapat lampiran gambar tarif pengiriman Western Union.

2. Tak Perlu Membuka Rekening

Umumnya, jika ingin mengirim uang, seseorang diwajibkan untuk membuka rekening terlebih dahulu. Sedangkan pembukaan buku tabungan, membutuhkan waktu yang tidak singkat. Tapi, Western Union memberikan kemudahan yakni hanya dengan menunjukkan kartu identitas (KTP) untuk transaksi pengiriman Anda. Dengan kemudahan ini, transaksi jual beli akan lebih cepat.

3. Tracking Data

Kelebihan lain dalam menggunakan jasa keuangan ini yaitu pengirim bisa melacak astatus pengiriman uang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apakah uang yang dikirim telah sampai di penerima atau belum.  Cara melacaknya pun mudah, cukup memasukkan nomor Money Transfer Control Number (MTCN) yang telah diberikan oleh pegawai WU setelah proses pengiriman selesai, lalu masuk ke sistem yang tersedia di website resmi Western Union www.westernunion.com. Inilah yang dimaksud dengan data berbasis digital, dimana pun Anda berada, semua bisa terlacak hanya melalui ponsel pintar Anda.

isi data MTCN (kode unik dari yang transfer uang) untuk melacak apakah uangnya ada atau tidak

Cara Menerima dana dari transferan Western Union

Di Indonesia, ketika sudah dapat konfirmasi bahwa dana telah di transfer melalui western union, kita perlu melakukan pelacakan sebagaimana poin 3 di atas, jika valid, maka langkah berikutnya adalah mencairkannya.

Caranya ada 3, yakni

1). Melalui Kantor Pos (bukan agen pos)
Pergi ke kantor pos terdekat untuk mengambil dana dengan membawa KTP dan juga kode MTCN, di sana akan di minta untuk mengisi form Pengambilan western union.

2) Melalui Indomaret

Nah, Indomaret ini ada di mana-mana, bisa ambil di sana, tapi bertanya dulu apakah bisa karena kemungkinan tidak semua indomaret bisa menerima pengambilan dana western union.

3) Melalui bank yang bekerjasama
berikut ini daftar bank yang bisa mengirim dan menerima dana western union:
1. Bank Mandiri
2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
3. BII
4. Bank Danamon
5. CIMB
6. BCA
7. BNI
8. Bank Tabungan Negara (BTN)
9. Bank Bumiputera
10. Bank Nagari
11. Rabobank
12. Bank Jatim
13. Bank Sumsel Babel
14. Bank Kalbar
15. Bank Jateng
16. Bank Mestika Dharma
17. Bank DKI

Cara Mengirim dana dengan Western union

Kalau untuk mengirim dana, cukup datang ke 3 lokasi di atas, untuk melakukan pengiriman uang, yang perlu di persiapkan adalah informasi no ktp /Identity card number , nama lengkap, alamat dan tgl lahir penerima.
dan tinggal isi form lakukan serahkan dana dan biayanya.
setelah itu, Anda akan memperoleh MTCN yang bisa anda berikan ke penerima uang untuk melakukan pengambilan dana di negara tujuan.



Kemudahan akses layanan keuangan akan membuat bisnis UMKM dan UKM semakin berkembang. Semakin berkembang, maka semakin banyak keuntungan yang didapat, seperti konsumen yang semakin banyak yang secara otomatis akan berdampak pada pertumbuhan finansial Anda. Apabila kemudahan dalam hal jasa keuangan sudah didapat, maka untuk hal pengiriman barang atau produk bisnis Anda, serahkan saja ke Expedito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *