Tip

Menjaring Pelanggan untuk Bisnis Online

Apakah website bisnis online Anda tidak bekerja dengan baik seperti yang diharapkan sehingga menurunkan omset penjualan? Mungkin ini saatnya bagi Anda untuk melihat lebih dekat ke optimasi e-commerce untuk toko online Anda. Dengan melakukan beberapa pembaharuan pada website, misalnya, setidaknya akan berpotensi meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Optimalisasi website menjadi penting karena selain memanjakan mata untuk menarik peratian pelanggan baru, kemudahan mengakses website yang terus terupgrade seiring perkembangan teknologi pun akan membantu meningkatkan penjualan.

Dengan panduan dalam artikel ini, Anda dapat lebih memahami sebagian besar area situs yang memerlukan optimasi konversi e-commerce, membantu Anda meningkatkan penjualan,

Bagaimana Mengoptimalkan Situs E-commerce?

Tahukah Anda jika ada kostumer atau pelanggan yang menyimpan barang pada tools keranjang belanja atau add chart di website, juga akan menentukan tingkat konversi penjualan Anda. Terlepas akhirnya sang pembeli akan membeli barang atau tidak.

Berikut adalah beberapa tips untuk pengoptimalan tingkat konversi e-commerce di situs Anda:

Tingkatkan Halaman Produk (Product Pages): Dalam mengoptimalkan website Anda, penting sekali meluangkan waktu untuk memastikan bahwa halaman produk situs web Anda terlihat menarik, seperti memiliki desain yang elegan, simple dan eye catching agar banyak pengunjung untuk membeli. Buatlah tata letak gambar sesederhana dan seefisien mungkin agar pengunjung mudah untuk mengaksesnya. Misalnya, jangan memenuhi website dengan tulisan yang tidak ada manfaatnya. Karena situs Anda diperuntukkan untuk bisnis online, akan lebih baik memanfaatkan konsep visual.

Bandingkan Produk di Halaman Website: Ini adalah cara unik untuk mengoptimalkan situs Anda. Caranya adalah masukkan dua produk dengan harga yang berbeda-beda pada halaman web. Kemudian, pasanglah produk yang benar-benar ingin dijual dengan harga yang lebih murah. Cara ini masih bisa dilakukan untuk menarik peluang penjualan karena ada banyak pilihan yang bisa dipilih.

Tambahkan Navigasi Toko Dinamis (Dynamic Store Navigation): Cara lain untuk mengoptimalkan situs e-commerce Anda adalah dengan menyesuaikan navigasi website agar sesuai dengan minat setiap pengunjung. Misalnya, jika pengunjung pertama kali mencari produk kecantikan, secara otomatis tools ini akan membawa pengunjung langsung ke halaman produk kecantikan saat log in di website Anda berikutnya.

Gunakan fitur Live Chat: Dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan menggunakan fitur live chat akan menguntungkan bagi Anda. Pelanggan bisa bertanya langsung mengenai produk, sehingga meminimalisir kesalahan pengiriman. Terkadang, saat membeli pakaian ataupun baju online, akan ada sedikit kekhawatiran bila ukurannya terlalu besar atau kecil karena pelanggan tidak bisa melihat langsung produk yang dijual. Namun, dengan fitur ini setidaknya akan mengurangi kekecewaan atas harapan pelanggan. Manfaat lainnya menurut penelitian neilpatel.com, akan terjadi peningkatan konversi penjualan sebesar 38 persen karena pelanggan terbantu dengan fitur ini.

Strategi lain yang dapat mendukung pengoptimalan ini yakni dengan memanfaatkan media sosial, review dan rating untuk produk Anda. Tujuan lain selain untuk meningkatkan profit, cara ini juga bertujuan untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang dijual memiliki kualitas yang baik. Dan terakhir, Anda juga dapat menggunakan kalimat “Beli sekarang” atau “Dapatkan Item Ini Sebelum Kehabisan” untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Mengoptimalkan website bisnis online Anda sangatlah penting demi kelancaran berbisnis dalam industri yang sangat kompetitif dan semakin ramai ini. Karena hanya website menjadi alat utama dalam menjalankan penjualan Anda. Jangan lupa pula, mencari mitra bisnis ekspedisi pun juga menjadi hal yang wajib untuk dipikirkan. Karena bila kostumer Anda berasal dari luar Indonesia, pasti Anda juga membutuhkan jasa pengiriman luar negeri yang tentunya ramah kantong, bukan? Maka dari itu, pilihlah Expedito sebagai jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *