Tip

Bagaimana Cara Mengekspor Bisnis Anda ke Hong Kong?

Banyaknya layanan marketplace atau situs jual beli online saat ini sangat membantu para pengusaha dalam meningkatkan penjualan produknya dibandingkan saat sebelum teknologi berkembang pesat. Namun, pernahkan Anda berpikir untuk mengembangkan bisnis Anda di luar negeri?  

Mengapa Hong Kong?

Sebagai negara ekonomi terbebas di dunia selama lebih dari 20 tahun, Hong Kong merupakan negara yang menarik untuk dijadikan tujuan ekspor bagi perkembangan bisnis. Ketika Anda sedang mencari target pasar di dunia internasional, Hong Kong menjadi negara pertama yang bagus untuk memulai. Kenapa? Karena ketentuan perdagangan bebas dan bisnis yang cukup “ramah”.

Muncullah sebuah petanyaan, mengapa bisa demikian? Secara otonomi wilayah, Hong Kong masih masuk ke dalam wilayah negara Cina kecuali bidang pertahanan dan kebijakan luar negeri. Karena inilah, Hong Kong juga merupakan gerbang utama untuk melaju ke pasar terbesar di dunia. Alasan lain kenapa harus ekspor ke Hong Kong adalah tidak adanya bea yang harus dibayar saat mengirim barang.

Macam-macam Produk Ekspor

Barang-barang yang sering dikirim ke negara ini adalah kosmetik, herbal, barang returan, jam dinding, jam tangan, mesin dan peralatan listrik, produk plastik, mobil dan sparepart mobil, peralatan telekomunikasi, serta peralatan ilmiah atau laboratorium. Jika produk yang ingin diekspor tidak terdapat di dalam daftar yang telah disebutkan, bukan berarti tidak ada peluang. Bisa saja Anda belum menjelajahi seluk beluk pasar di sana.

Jumlah TKI di Hongkong per tahun 2018 adalah sebesar 165.000 Warga Indonesia, hal ini merupakan peluang bagi produk lokal untuk di ekspor ke sana.

Tantangan Ekspor ke Hong Kong 

Karena Hong Kong adalah negara yang “ramah” untuk menjadi tujuan ekspor dalam hal bisnis dan pengiriman internasional. Dan, terlebih lagi, Hong Kong juga menjadi negara termudah ketiga dalam hal indeks keuangan bisnis yang didapatkan dari bank dunia serta sebagian besar masyarakatnya pun bisa berbahasa Inggris, sehingga bahasa tidak jadi penghalang utama. Kemudahan ini bukan berarti tidak memiliki tantangan yang harus diketahui. Tantangannya sebenarnya sama dengan para pebisnis kecil dan menengah lainnya, yakni meningkatkan penjualan dan membangun basis pelanggan yang loyal.

Expedito memiliki service untuk mengirimkan produk berupa Kosmetik maupun Herbal dengan tujuan negara Hongkong (maksimal 5kg)

Cek www.expedito.co.id untuk harga lengkapnya.

Semakin besar jaringan bisnis Anda, semakin besar pula tantangan yang dihadapi, apalagi di dunia internasional. Namun, jika ingin memperkenalkan produk Anda ke pasar dunia, Hong Kong bisa dijadikan negara pertama untuk dijelajahi dengan berbagai pertimbangan yang cukup mudah dilalui. Tapi, jangan lupa, untuk pengiriman barang ke luar negeri pun membutuhkan mitra pengiriman yang terpercaya, legal serta efisien dalam berbagai hal. Jangan khawatir, Expedito hadir untuk membantu pengusaha kecil dan menengah yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *