Tip

7 Target Pasar E-commerce yang Harus Anda Tuju

Saat ini, mengembangkan bisnis Anda ke dunia internasional bukanlah sebuah pilihan, tapi keharusan! E-commerce, teknologi dan logistik yang telah terbentuk dalam dunia digital merupakan modal yang lebih dari cukup. Setelah Anda menemukan target pasar yang tepat, sangat mungkin untuk meraih kesuksesan di bisnis e-commerce yang Anda miliki. Pada kenyataannya, masyarakat umumnya menghabiskan 36% dari anggarannya untuk berbelanja online. Sangat disayangkan jika fenomena ini tidak diambil untuk kesempatan Anda.

Ada 10 target pasar e-commerce yang patut untuk dipertimbangkan. Karena, 10 negara ini menerima e-commerce lintas batas dan tidak rumit untuk melakukan pengiriman. Negara di bawah ini juga cocok bagi Anda yang baru saja memulai bisnis e-commerce untuk meningkatkan bisnis Anda. Negara seperti Cina, India, Brazil dan Rusia memang negara yang memiliki potensi untuk menjadi target e-commerce. Bagaimanapun juga, alasan mengapa negara yang disebutkan tidak termasuk ke dalam daftar target e-commerce dalam artikel ini karena aturannya barang masuknya cukup sulit dipenuhi.
Selain menjual produk ke negara tersebut pelajari juga treshold (batas tidak kena pajak tiap negara tersebut)

Sebagai contoh, pajak Cina sangat ketat untuk barang-barang impor dan pengirimannya sering kali mengalami keterlambatan. Tantangan terbesar dalam pengiriman ke Brazil, India , Taiwan dan Rusia adalah perlunya identitas / Tax ID dari penerima barang sebagai persyaratan pengiriman. Dari sini Anda sudah paham mengapa negara tersebut tidak termasuk dalam daftar di bawah ini, bukan?

Berikut negara yang patut untuk dijadikan target pasar e-commerce Anda:

UNITED STATES

Negara Amerika merupakan negara yang mempunyai target pasar e-commerce terbesar di dunia. Menjadi langkah yang bijak jika Anda berinvestasi dan memperluas bisnis di negeri ini. Threshold atau ambang batas nilai barang impornya tidak terlalu mahal, yakni US$ 800 dan kecil kemungkinan untuk membayar pajak atau biaya tambahan karena paket melebihi batas threshold.

JAPAN

Jepang menjadi salah satu negara yang perkembangan e-commerce-nya berkembang dengan cepat di dunia. Negeri sakura ini menempati ranking ke-4 dunia dalam penjualan e-commerce terbanyak di seluruh dunia. Pakaian menjadi barang yang selalu stabil dikirim secara online. Kemudian disusul oleh handmade menjadi peringkat kedua setelah pakaian. Barang di bawah 10.000 JPY (yen) tidak kena pajak.



UK

Tingkat pertumbuhan pasar e-commerce di UK mengalami kenaikan 12% setiap tahunnya. Hal ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis digital di seluruh dunia. Tak hanya itu, para konsumen pun cukup terbuka dengan barang-barang dari negara lainnya. Kategori produk populer yang disukai oleh konsumen negeri ini adalah pakaian, item olahraga, perjalanan dan perabotan rumah tangga.
Treshold Pajak adalah 43 GBP (poundsterling)

GERMANY

Target pasar e-commerce selanjutnya adalah Jerman. Meskipun untuk memasuki pasar ini juga tidak mudah karena saingan yang cukup berat, baik dari segi kualitas maupun e-commerce dari negara lain. Namun, tak ada salahnya mencoba. Anda bisa mengirim barang-barang dengan kategori pakaian serta barang-barang elektronik. Dua produk ini cukup populer beredar di pasar online. Sedangkan dalam hal alur pembayarannya, mereka-pelaku e-commerce-lebih sering menggunakan PayPal atau money transfer system seperti kartu kredit, debit ataupun pembayaran online lintas dunia.
Treshold Pajak : 22 EUR

PRANCIS

Para milenial Perancis sangat mengerti teknologi dan melakukan transaksi pembelian di toko online setidaknya satu bulan sekali. Dari kebiasaan inilah yang menjadikan peluang untuk mengembangkan bisnis e-commerc Anda. E-commerce populer yang disukai para milenial Perancis ini adalah pakaian, produk handmade serta produk kecantikan dan kesehatan.
Treshold Pajak : 22 EUR


ITALIA

Italia memiliki kalender kegiatan rutin bagi para pelaku e-commerce Eropa dan telah terkoneksi di situs milik pemerintah Italia; e-commerce news. Sehingga semua orang dari berbagai negara dapat melihat serta mengikuti agenda retail online terbesar di Eropa ini. Negara yang memiliki 61 juta penduduk ini, ternyata 13 jutanya adalah pembeli online. Hem, sebuah peluang bukan untuk Anda. Selain tiket liburan dan tiket perjalanan, barang elektronik dan berbagai jenis pakaian merupakan item populer di Italia.

Tax Treshold 22 EUR

KANADA

Pasar e-commerce di Kanada semakin populer karena menggunakan sistem bisnis B2C. Dan, terlebih lagi, warga Kanada adalah pembeli e-commerce lintas batas yang paling beragam. Namun, rendahnya threshold atau ambang batas nilai di negera ini (CAD$ 15), kemungkinan membuat para penerima harus membayar pajak dan bea tambahan untuk setiap barang.

Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda secara global? Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menginspirasi Anda. Akan tetapi, sebelum memulainya ada baiknya Anda membaca panduan bagaimana mengirim ke luar negeri di website. Cek ongkir di www.expedito.co.id

Leave a Reply